Kasus Pemuda dan Sosialisasi (Tugas 2 ISD)

Kasus Pemuda dan Sosialisasi

Akhir-akhir ini, hampir setiap media massa mengkaji berita tentang tawuran atau kekerasan antarpelajar. Hal ini telah menjadi bahan perbincangan publik yang tiada hentinya. Tawuran antar pelajar sudah sangat sering terjadi, bahkan telah membudaya dan turun temurun sejak beberapa tahun terakhir ini. Memang sungguh merupakan fenomena yang memprihatinkan bagi kita semua.

Tawuran pelajar ini merupakan salah satu bentuk sikap negatif pemuda khususnya di kalangan pelajar yang meresahkan masyarakat.Kurangnya pemahaman mengenai rasa bersosialisasi antar manusia mengakibatkan seorang pemuda mempunyai rasa  bangga karena banyak kawan dan merasa diri popular, mempunyai kekuatan fisik, kelihaian, dan sebagainya. Namun hal seperti itulah yang akan membuat pemuda tersebut terlihat bodoh.

Dengan melihat fenomena yang  memprihatinkan ini, sudah sepantasnya bagi kita semua untuk mencoba mencari solusi atau jawaban atas realita yang ada. Tawuran atau kekerasan antarpelajar kini harus dicegah, karena masa depan bangsa ini sesungguhnya ada di tangan mereka.

Tawuran antar pelajar bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah sebagai berikut:
(1) Siswa yang terlibat tawuran pelajar berasal dari keluarga yang tidak harmonis;
(2) Siswa yang terlibat tawuran berasal dari sekolah yang berkualitas buruk dan berdisiplin rendah.
(3) Siswa yang terlibat tawuran adalah siswa yang tingkat kecerdasan dan prestasi belajarnya rendah;
(4) Siswa yang terlibat tawuran adalah pecandu narkoba; dan
(5) Siswa yang terlibat tawuran berasal dari keluarga yang tidak mampu.
(6) Tawuran antar pelajar bisa terjadi karena ketersinggungan salah satu kawan, yang di tanggapi dengan rasa setiakawan yang berlebihan.
(7) Permasalahan yang sudah mengakar dalam artian ada sejarah yang menyebabkan pelajar-pelajar dua sekolah saling bermusuhan.
(8)Jiwa premanisme yang tumbuh dalam jiwa pelajar.Untuk mengkaji lebih jauh permasalahan tawuran antar pelajar, kita bisa mengkaji terlebih dahulu mengenai penyebab tawuran antar pelajar dari tiga poin diatas.
(9)Tawuran antar pelajar akibat rasa setia kawan yang berlebihan

Solusi untuk lebih menimalkan tawuran pelajar adalah sebagai berikut:
(1)   Dari lingkungan keluarga, seharusnya orang tua lebih membina anak mereka dalam hal pergaulan dan lebih mencoba untuk terbuka kepada anaknya. Disini peran orang tua adalah sebagai wadah keluh kesah anaknya. Orang tua juga harus mengawasi pergaulan anaknya.
(2)   Dalam lingkungan sekolah pun guru dan teman sekelilingnya juga perlu ikut membantu. Guru bisa memberikan bimbingan konseling tentang akibat dari tawuran yang tidak ada manfaatnya, juga memberikan pelajaran yang seharusnya bias membentuk mental mereka menjadi lebih baik. Juga adanya pengawasan terhadap anak muridnya seusai kegiatan belajar mengajar.
(3)   Dalam lingkungan pergaulan teman, hendaknya memilih teman dengan sangat hati-hati. Boleh saja memiliki rasa setia kawan yang tinggi namun masih dalam ruang lingkup pikiran yang positif.
(4)   Dalam lingkungan masyarakat, ini adalah ruang lingkup selanjutnya setelah keluarga. Masyarakat banyak berpengaruh pada perkembangan social dan mental remaja. Remaja yang memiliki mental yang kuat seharusnya bisa membedakan mana yang benar dan salah.
(5)   Dan dari segi oknum yang berwenang, lebih banyaklah untuk mengembangkan keamanan yang terjadi dan harus bersikap lebih tegas kepada para pelaku tawuran agar mereka jera.
(6)   Adanya meningkatan moral-moral agama
(7)   Adanya sosialisasi tentang pemahaman bahaya media sosial dan cara pemanfaatan media sosial yang baik

Kesimpulan dari kasus diatas adalah pemuda dan sosialisasi merupakan suatu hal yang berkaitan erat di dalam hidup ini, dimana para pemuda harus ikut aktif dalam berperan di kehidupan sehari-hari. Sosok pemuda di negeri ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan hidup bersama membangun negeri ini.Para pemuda dan pemudi berperan sebagai penerus bangsa yang harus meneruskan cita-cita para leluhur kami. Berfikir secara kritis dan berjiwa sosial merupakan hal penting yang harus ditanamkan dalam diri masing-masing. Oleh karena itu sebagai penerus bangsa ini, hendaknya kita selalu berfikir dan bertinak secara positif dalam menangani hal dan keadaan apapun

Komentar

Postingan Populer