3 Software Pembuatan Animasi

1.       Anime Studio (Moho)






Anime Studio adalah software animasi 2D berbasis vektor untuk animator yang didistribusikan oleh LostMarble. Software ini telah dilengkapi dalam dua versi yang berbeda, bernama Anime Studio Debut dan Anime Studio Pro, yang pertama dibatasi oleh ukuran gambarnya yang besar, serta tidak memiliki semua fungsi dari versi Pro. Anime Studio telah tersedia untuk sistem operasi Windows dan Macintosh, maupun bahasa Inggris, Perancis dan Jerman. Anime Studio Pro juga ada yang tersedia untuk Linux.

Perangkat lunak ini awalnya dikembangkan dengan nama "Moho" sejak tahun 1999 oleh Mike Clifton di LostMarble, versi terakhir 5,4 Moho identik dengan rilis pertama dari Anime Studio Pro.

Anime Studio juga mampu membuat gaya animasi yang lain, yaitu dapat ekspor sebagai kartun animasi flash, memiliki beberapa fungsi 3D dasar, dapat dilihat sebagai program 2 ½D. film pendek yang khususnya diceritakan dalam satu adegan, dapat dihasilkan relatif cepat dibandingkan dengan program lain, karena penggunaan vektor morphing bukannya frame-by-frame animasi.

Untuk Anime Studio 5 Full Version dari Smith Micro Graphics, software satu ini bisa membantu user, termasuk untuk membuat animasi yang berkualitas, mulai dari awal hingga akhir.

Software Anime Studio ini dipaket dengan style karakter anime yang sudah siap digunakan sehingga user bisa langsung dapat membuat kreasi animasi sendiri, Masih ditambah juga tutorial dan sample file untuk menunjukkan bagaimana user dapat memaksimalkan fitur powerful Anime Studio 5 ini.

Untuk memulai menggunakan software Anime Studio 5 ini, user dapat membuat sketsa art kreasi sendiri, men-scan-nya atau import gambar, atau menggunakan pen tablet untuk membuat sensasi seperti menggambar di kertas biasa. Software Anime Studio 5 Full Version memiliki vector grafis yang menyediakan power dan fleksibilitas, untuk menggunakan system layering dan resize image, tanpa harus kehilangan kualitas image sebelumnya.
               
User juga dapat menggunakan software Anime Studio 5, dengan menambah satu art atau image ke dalam image lainnya hanya dengan point-and-click untuk membuatnya tampak hidup, sehingga user tidak perlu membuat art baru untuk setiap frame individu untuk animasi yang dibuatnya. User cukup meletakkan bone ke posisi yang diinginkan, dan program akan otomatis membuat pergerakan untuk user. User juga dapat mengatur waktu dan lama pergerakan untuk membuat animasi mudah dipahami. Untuk software Anime Studio 5 ini dalam default-nya akan membuat animasi dengan panjang selama 2 menit.

Animasi juga dapat ditambah audio soundtrack, emotion, style suara dalam format wav dan AIFF. Salah satu kelebihan software Anime Studio 5 ini adalah integrasi kuat dengan Adobe Photoshop, sehingga user dapat mengimport file PSD berlayer menggunakan plugin yang akan secara otomatis meng-convert file ke format yang di-support Anime Studio ini. Untuk animasi yang telah selesai dibuat, dapat juga dipublikasikan ke video, TV dan format web.
                Kelebihan Anime Studio :
1.       Anime Studio menggunakan bone dan time line untuk menggerakkan karakter. 
2.       Pada Anime Studio, kita hanyak membutuhkan 1 gambar untuk membuat banyak gerakan pada time line.
3.       Anime Studio memiliki banyak fitur untuk pembuatan animasi 2D Misalnya : Camera, Bone, dll.
4.       Anime Studio lebih mudah digunakan dan tidak rumit. Sehingga pembuatan animasi menjadi lebih singkat.
5.       Anime Studio menggunakan unique smart bone dan rigging system untuk membuat character skeleton.
minimum requirements Anime Studio:

Windows® 7, 8, 8.1, 10

Macintosh

   1.3 GHz Pentium 4 or newer, Athlon 64 or newer
OS X 10.9, 10.10, 10.11 or macOS 10.12
2 GB RAM recommended
2 GB RAM recommended
1.6 GB (Universal) or 800 MB (32-bit) free hard disk space minimum
800 MB free hard drive space minimum
OpenGL enabled GPU recommended
64-bit OS required
1024×768 display (1280×800 recommended)
1.3 GHz Intel Processor or newer
DVD-ROM drive (physical version only)

DVD-ROM drive (physical version only)

Internet connection required for periodic product activation service

Internet connection required for periodic product activation service


2.       Blender



Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering

Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).

Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.

Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
·         Microsoft Windows
·         Mac OS X
·         Linux
·         IRIX
·         Solaris
·         NetBSD
·         FreeBSD
·         OpenBSD
Fitur – Fitur Blender
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya. Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing.
                Fitur-fitur tersebut seperti Model, Rigging, Animasi, Rendering, UV Unwrapping, Shading, Fisika & Partikel, Imaging & Komposisi, Realtime 3D dll.
Kelebihan Blender:
·         Open Source
Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.

·         Multi Platform
Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.

·         Update
Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
·         Free
·         Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL

·         Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.

·         Ringan
Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.

·         Komunitas Terbuka
Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute

·         Blender adalah salah satu aplikasi grafik 3D dari open source yang paling terkemuka di dunia. Blender adalah sebuah aplikasi terintegrasi yang memungkinkan pembuatan banyak konten 2D dan 3D. Blender menyediakan sekumpulan luas dari kemampuan modeling, texturing, lighting, animation, dan video post-processing. Melalui open architecture, Blender menyediakan cross-platform interoperability, extensibility, sebuah footprint yang sangat kecil, dan sebuah alur kerja yang terintegrasi secara ketat.
Minimum Requirements untuk Blender:

Operating Systems

Minimal specs for Hardware

Windows 2000, XP or Vista
Mac OS X 10.2 and later
Linux 2.2.5 i386
Linux 2.3.2 PPC
FreeBSD 6.2 i386
 Irix 6.5 mips3
Solaris 2.8 sparc

300 MHz CPU
128 MB Ram
20 MB free hard disk Space
1024 x 768 px Display with 16 bit color
3 Button Mouse
Open GL Graphics Card with 16 MB Ram

3.       Macromedia Flash



Macromedia Flash adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi. Sekarang namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Flash. Software ini adalah salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat halaman web animasi, video player dan aplikasi audio streaming. File flash berekstensi .SWF atau Shockwave Flash, meskipun banyak jenis file lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software ini


Manfaat dan kegunaan Software Macromedia Flash

1.       Iklan Animasi : aplikasi Macromedia Flash sangat cocok dan pas sebagai alat pembuat animasi seperti contoh untuk membuat kartu ucapan yang gerak atau online,iklan gerak,kartun dan masih banyak lagi di dalam aplikasi ini banyak di sediakan elemen animasi yang sangat lengkap dan detail.

2.       Game : aplikasi Macromedia Flash juga mampu di pergunakan sebagai alat membentuk game dua dimensi game yang nantinya akan menggabungkan animasi flash yang akan di gabung dengan actionscript akan membuahkan hasil game yang modern.

3.       User Interface : aplikasi Macromedia Flash dapat di pergunakan untuk membangun flash aplikasi yang biasanya dengan basis web yang nantinya akan di lengkapi dengan berbagai navigasi yang sangat sederhana.

4.       Flexible Messaging Area : aplikasi Macromedia Flash mampu di rancang untuk membuat atau menampilkan pesan yang selalu berubah setiap wakti di dalam web page seperti wesite yang selalu menampilkan menu atau data terus berubah alias selalu update seperti website jualan atau restoran.

Minimum requirement untuk Macromedia Flash:

Windows
Macintosh
·         133MHz Intel Pentium processor
·         Power Macintosh
·         Windows 95/98/NT4/2000 Professional
·         Mac OS 8.5 or higher
·         32MB of available RAM
·         32MB of available RAM
·         40MB of available hard-disk space
·         40MB of available hard-disk space
·         256-color monitor capable of 800 x 600 resolution

·         256-color monitor capable of 800 x 600 resolution




Sumber:
  • http://syahdila-syahdila.blogspot.co.id/2011/03/macam-macam-software-animasi.html
  • http://azmihabiburrahman.blogspot.co.id/2011/03/apa-itu-macromedia-flash-8.html
  • http://mulok-flash.blogspot.co.id/2009/07/kegiatan-1.html
  • http://www.panduaji.net/2010/02/system-requirements-for-blender.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
  • http://marco.byethost9.com/berita.html?i=1
  • http://komikfisika.blogspot.co.id/2011/04/mengenal-anime-studio-pro.html
  • https://web.facebook.com/ProjectOfInspirationArt/posts/632767013431798?_rdc=1&_rdr

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer